Selasa, 24 Mei 2016

5 Tips Membuat Artikel Viral




Pernah membaca artikel yang dilike dan dishare oleh ribuah bahkan jutaan orang?
Itulah artikel viral, apa sih artikel viral itu?
Artikel viral adalah tulisan tentang tema tertentu dikemas dengan bahasa yang menarik dan dibicarakan banyak orang. Sehingga artikel tersebut dishare oleh beberapa orang kemudian dishare lagi oleh teman-temannya yang lain. Sehingga terus dibagikan dan dibaca oleh banyak orang.
Jika tulisan banyak dishare sudah tentu tulisan tersebut menarik, memberikan manfaat dan tentunya ejaan maupun tata bahasanya tersusun rapi. Mau nulis artikel viral? Jika kita penulis artikel hal tersebut harus dan sangat dianjurkan. Bagaimana menulis artikel agar menjadi viral di media sosial?
1.      Artikel wajib original
Tulisan artikel yang copas sudah tentu tak akan menjadi artikel viral karena sebelumnya sudah pernah diposting bahkan dishare. Jadi buatlah artikel yang original buah karya dari pemikiran dan ide kita. Jika copas pembaca pasti akan berkomentar “Artikel ini sih udah pernah aku baca dari blog atau web...”
2.       Judul yang menarik
Judul adalah kata pertama yang terlihat dalam artikel. Buatlah judul unik dan menarik sehingga memancing pembaca untuk membuka dan membaca artikel kita
3.      Tulisan mempengaruhi pembaca
Buatlah artikel ketika pembaca membacanya kena di hati bahkan menyentuh hatinya dan mempengaruhi emosinya. Bagaimana nulis artikel seperti itu?
Ketika menulis artikel posisikan diri kita sebagai pembacanya bukan penulis.
4.      Ajak pembaca membagikan artikel yang sudah kita tulis
Tak ada salahnya jika penulis mengajak pembaca membagikan artikel yang sudah kita tulis. Hal ini agar target viral dapat tercapai dengan lebih cepat. Namun sampaikanlah ajakan dengan sopan dan tidak memaksa apalagi mengancam.
“Terima kasih sudah membaca semoga memberikan manfaat. Jangan lupa untuk share ke teman-teman lain. Kita membagi kebaikan lewat tulisan”
5.       Bagikan artikel di waktu yang tepat
Waktu untuk membagikan artikel juga sangat berpengaruh untuk menjadikan artikel kita viral di media sosial. Postinglah artikel kita di waktu pagi hari sebelum ke kantor, istirahat siang, malam menjelag tidur dimana para nitizen sedang online. Jangan memposting artikel ketika jam kerja atau jam belajar apalagi waktu tidur.  Karena mereka tidak mungkin membaca apalagi menshare artikel kita.
Yuk, mulai belajar nulis artikel viral. Dan lakukan tips diatas.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar