Rabu, 25 Mei 2016

5 Hal Kelebihan Facebook dibandingkan Twitter



Media sosial bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.  Kalau Anda pandai mengelolanya media sosial sangat efektif dalam menjaring konsumen.  Tapi masing-masing media sosial memiliki karakteristik yang unik. Andalah yang harus jeli melihat karakteristik ini.  Kali ini saya ingin mengajak Anda mengenali karakter Facebook dan Twitter dengan merangkum 5 hal kelebihan facebook dibandingkan twitter berikut ini.
Pertama, Banyak pebisnis menggunakan Facebook karena Facebook bagaikan menjadi social layer alias bagian hidup bagi hampir semua orang dibandingkan Twitter.  Siapa sih yang tak kenal Facebook?  Walaupun memang interaksi di Facebook sekarang sudah tak seheboh lima tahun kebelakang.  
Kedua, Keberadaan fitur fanpage mendorong banyak pebisnis lebih memilih memanfaatkan Facebook ketimbang Twitter.  Dikarenakan fanpage lebih praktis.  Pengguna facebook tinggal me-like tanpa perlu menjadi teman terlebih dahulu. Melalui Fanpage pebisnis bisa mendapatkan fans sebanyak-banyaknya tanpa batasan.  
Ketiga, Kelebihan lain berjualan di Facebook adalah Anda bisa menceritakan produk Anda lebih detil dan panjang, bandingkan dengan Twitter yang hanya memiliki ruang untuk berkicau sangat terbatas.  Pengguna twitter hanya bisa berkicau paling banyak 140 karakter.  Karena itu pebisnis yang memutuskan berjualan di twitter harus memiliki teknik storytelling yang lebih kuat dengan adanya keterbatasan karakter ini.
Keempat, Fitur komen, like dan share di facebook memudahkan Anda melihat dan memanfaatkan umpan balik dari konsumen.  Fitur komen bisa Anda jadikan kesempatan untuk menyapa dan berinteraksi dengan calon konsumen Anda.  Fitur like bisa Anda jadikan indicator bahwa konsumen tertarik produk Anda.  Sedangkan fitur share dapat membantu penyebaran konten yang Anda posting.
Kelima, Tak seperti Twitter, Facebook memiliki kemampuan untuk membuat postingan Anda bertahan di newsfeed konsumen, asalkan Anda tahu cara meningkatkan Edge Rank.  Kegunaan EdgeRank ini adalah agar postingan terlihat di newsfeed konsumen Anda walaupun sudah berjam-jam di posting.  Caranya adalah dengan rutin memposting, menyertakan foto/video/link serta berusaha mendapatkan like, share, dan comment sebanyak-banyaknya.  Usahakan terus berinteraksi dengan cara menjawab setiap comment maupun menyapa teman-teman yang me-like status Anda.  Ini akan menyebabkan efek viral yang membuat postingan Anda akan terus bertahan dan tersebar.
Demikian 5 hal kelebihan Facebook dibandingkan Twitter yang bisa menjadi dasar pertimbangan Anda untuk memilihnya sebagai salah satu channel utama Anda berjualan di media sosial.  Jika Anda memilih Facebook, Anda harus menyisihkan waktu khusus dan fokus untuk merawat dan menjaga akun maupun Fanpage Facebook Anda agar optimal.  Karena berjualan lewat facebok bukan cuma sekedar menjajakan produk lewat postingan saja, Anda juga harus rajin menjawab komen dan menangani order yang masuk lewat inbox dengan sesegera mungkin.  Siap?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar