Selasa, 24 Mei 2016

Facebook VS Instagram



Perkembangan bisnis online di Indonesia sekarang ini sangat menggembirakan.  Bisnis ini banyak dilirik oleh para perempuan karena tak terikat oleh waktu.   Cukup dengan modal gadget dan akun sosial media, para perempuan bisa merambah dunia bisnis tanpa harus meninggalkan rumah.
Nah, bicara tentang sosial media untuk berbisnis, kalau Anda diharuskan memilih antara Facebook atau Instagram, kira-kira jejaring sosial mana yang Anda pilih?
Masih bingung?  Biar nggak bingung, yuk kita kenali dulu perbedaan mendasar Instagram dan Facebook.
Pengguna instagram memiliki karakter berbeda dengan facebook.  Mereka lebih bersahabat dengan merek.  Di Instagram pengguna dengan senang hati ditag foto oleh merek/produk tertentu.  Sedangkan di facebook justru sebaliknya, banyak pengguna justru merasa kesal dan tak jarang banyak yang marah-marah bila di tag barang dagangan.  Kebanyakan pengguna facebook tidak ingin timeline dipenuhi oleh sliweran barang-barang dagangan.
Instagram banyak dipilih pebisnis karena lebih menekankan pada tampilan visual.  Tak dapat dipungkiri, dalam menginformasikan sesuatu foto cenderung menarik perhatian lebih cepat daripada berupa rangkaian cerita.
Kalau begitu enak pakai Instagram dong, cuma posting-posting foto doang.
Eit, jangan salah.  Pakai Instagram nggak sekedar posting foto dan lupakan ya.  Berikut saya rangkum tiga hal yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mengoptimalkan Instagram untuk berbisnis :
Pertama, Harus rajin posting foto.  Semakin banyak foto yang Anda posting di Instagram, akan semakin besar kesempatan Anda untuk meningkatkan jangkauan.
Kedua, Imbangi foto-foto produk Anda dengan foto-foto yang tidak terkait langsung dengan barang dagangan Anda.  Follower Anda lama-lama bisa merasa bosan dan terganggu jika Anda penuhi feed nya dengan barang dagangan melulu.  Sesekali Anda posting konten-konten terkait produk Anda, video tutorial atau quote-quote motivasi yang menarik.
Ketiga, Tidak seperti facebook, Instagram belum memungkinkan pengguna mengklik atau mengcopy paste alamat tautan pada bagian caption foto.  Namun saya sarankan, Anda tetap menuliskan situs web bisnis Anda pada caption.  Pilihlah alamat tautan yang mudah diingat, sehingga follower Anda bisa mengetik ulang di mesin pencari.  Alternatif lain, Anda bisa mencantumkan tautan di profil akun.  Tautan ini sangat bermanfaat bila follower Anda ingin mengetahui produk Anda lebih detail.
Keempat, Untuk meningkatkan follower, secara berkala adakan giveaway dengan tagar tertentu.  Umumkan di media sosial lainnya, agar pengguna media sosial lain bisa ikut memantau dan memfollow akun Instagram Anda.  Ajak follower berbagi foto produk Anda dengan tagar yang Anda tentukan.  Pilihlah pemenang untuk diberikan hadiah sebagai apresiasi. Tagar ini bisa membantu proses branding produk Anda.
Nah, bagaimana? Menarik bukan? Ternyata akun media sosial itu punya keunikan masing-masing ya?  Apapun keunikannya, yuk kita eksplore untuk lebih mengoptimalkan bisnis kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar